Mathematics With Mr. Kenzie

LATIHAN UN MATEMATIKA ONLINE

Wednesday, 20 March 2013

Belajar Efektif Sukses Ujian Nasional 2013 Tanpa Bayar Mahal

 
Pemerintah tetap berencana menyelenggarakan Ujian Nasional tahun depan. Sejumlah perubahan dilakukan, salah satunya 20 variasi soal, berbeda dengan UN tahun 2012 yang memiliki lima variasi soal.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN ada dasar undang-undang dan peraturan pemerintahnya. Kemudian dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya. “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (11/10).
Jika pada tahun ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal. “Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” katanya.
Sementara itu Ketua BSNP Muhammad Aman Wirakartakusumah mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan kisi-kisi soal UN dan diharapkan selesai pada November mendatang. Menurut dia, kisi-kisi soal UN tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi soal tahun ini karena kisi-kisi tersebut dikembangkan dari standar isi. "Kisi-kisi hanya bersifat lebih operasional. Bank dari kisi-kisi sudah ada," katanya. (Sumber : www.Kemdikbud.go.id)
Dilain pihak banyak siswa yang merasa takut menghadapi UN 2013, banyak juga orangtua siswa yang merasa khawatir dengan kemampuan anaknya, sehinga mereka berbondong-bondong menyerahkan anaknya ke binbinga belajar dengan biaya yang cukup mahal. Kekhawatiran semacam ini sebenarnya takperlu terjadi karena kekhawatiran yang berlebihan justru akan melemahkan mental siswa yang berakibat kurang optimalnya kemampuan siswa tersebut dalam menerima pelajaran di sekolah. Padahal justru pembelajaran di sekolahlah yang berperan penting dalam peletakan konsep-konsep awal pada setiap pelajaran daripada kebanyakan bimbel yang hanya mengutamakan cara-cara pintas dalam penyeklesaian soal. Sebenarnya pemahaman konsep yang benar adalah mutlak harus dikuasai siswa karena akan menjadi dasar untuk mempelajari materi selanjutnya.
Peran guru di sekolah sangatlah penting agar siswa punya rasa percaya diri dalam menghadapi Ujian Nasional serta guru dapat menanamkan konsep - konsep yang benar dalam pembelajaran di kelas. Banyak model maupun metode pembelajaran yang dapat diterapkan, diantaranya yang paling sederhana adalah dengan metode kelompok belajar tutor sebaya. Dalam tutor sebaya, teman sebaya yang lebih pandai memberikan bantuan belajar kepada teman-teman di kelompoknya. Bantuan belajar oleh teman sebaya dapat menghilangkan kecanggungan. Bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami, selain itu dengan teman sebaya tidak ada rasa enggan, rendah diri, malu, dan sebagainya, sehingga diharapkan siswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
Tugas sebagai tutor merupakan kegiatan yang kaya akan pengalaman dan sebenarnya merupakan kebutuhan anak itu sendiri, karena dalam model pembelajaran tutor sebaya ini, mereka (para tutor) harus berusaha mendapatkan hubungan dan pergaulan baru yang mantap dengan teman sebaya, mencari perannya sendiri, mengembangkan kecakapan intelektual dan sosial. Dengan demikian, beban yang diberikan kepada mereka akan memberi kesempatan untuk mendapatkan perannya, bergaul dengan orang– orang lain, dan bahkan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman.
Dengan mengefektifkan kelompok belajar akan membawa kondisi yang menyenangkan dalam belajar sehingga akan dapat menumbuhkan kembali rasa percaya diri siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, disamping itu peran guru untuk memfasilitasi siswanya dalam belajar kelompok sangatlah penting, kepandaian guru dalam menterjemahkan Standar Kompetensi Lulusan hingga menjadi indikator-indikator yang operasional dan di terjemahkan menjadi soal-soal sebagai bahan latihan siswa dan sebagai alat evaluasi terhadap kegiatan belajar siswa adalah mutlak diperlukan agar guru mengetahui sejauh mana siswa mampu menguasai materi pelajaran. 
Berdasarkan pengalaman saya sebagai guru kelas XII matapelajaran Matematika, metode kelompok belajar tutor sebaya dengan langkah-langkah sebagaimana saya uraikan di atas merupakan cara yang paling efektif yang pernah saya terapkan dalam mempersiapkan siswa-siswi saya untuk menghadapi Ujian Nasional. Pada tahun ini saya juga telah mempersiapkan soal-soal dan rangkuman materi dari kelas X sampai kelas XII sebagai bahan belajar, berlatih bagi siswa dan sebagai alat evaluasi yang saya gunakan. Untuk mempermudah soal-soal tersebut saya unggah di blog dan saya persilahkan siswa saya untuk mengunduh sendiri dan bagi siapapun yang menghendaki saya persilahkan juga untuk mengunduh secara gratis diblog yang saya beri nama ZONA MATEMATIKA.

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment