Mathematics With Mr. Kenzie

LATIHAN UN MATEMATIKA ONLINE

Tuesday, 12 March 2013

Ternyata Matematika ASYIK !!

Banyak anak “alergi” matematika. Ada lho, cara memperkenalkan matematika pada balita secara menyenangkan.
Mengapa ya, banyak anak “takut” pada matematika? Padahal, jika mereka menguasainya dengan baik, mata pelajaran ini bisa sangat fun, lho. Saat ini, mulai banyak orangtua memperkenalkan matematika sejak dini kepada putera-puterinya. Mereka berharap, dengan mengenal lebih baik, dan menyenangkan, kelak anaknya tidak “alergi” pada pelajaran berhitung ini. Bahkan, bisa bersahabat alias jago matematika.
Menurut Konsultan Psikologi di Essa Consulting, Yunita P. Sakul Psi., idealnya, pengenalan matematika dimulai sejak usia sekolah dasar. Tetapi, karena sekarang banyak Taman Kanak-kanak mengharapkan anak didiknya menguasai berhitung. Atau, setidaknya mengerti
satu ditambah satu hasilnya dua (hitungan sederhana), tidak ada salahnya memperkenalkan matematika pada anak-anak usia pra-sekolah dan TK. Hanya saja, sebaiknya konsep pengenalan pada usia tersebut belum kongkrit. Misal, bagi balita cukup dengan belajar membandingkan ukuran seperti “besar”, “kecil”, “lebih besar”, “lebih kecil” (pre-operasional). Sedangkan pada usia TK sudah boleh masuk ke pengenalan angka, seperti 1, 2, 3 sampai 10 (kongkrit).

Newer Post Home

0 comments:

Post a Comment