Mathematics With Mr. Kenzie

LATIHAN UN MATEMATIKA ONLINE

Tuesday, 2 April 2013

LJK UN 2013 dengan barkode

 
LJK (Lembar Jawaban Komputer) untuk UN 2013 atau yang lebih dikenal dengan singkatan LJUN (Lembar Jawaban Ujian Nasional) kini mengalami desain yang sangat berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya dalam hal pengisian kode paket soal UN.

Untuk UN 2013, LJUN dilengkapi dengan barcode berupa barcode biasa atau bahkan barcode berbentuk QR Code (Quick Response Code) yang berisi kotak dengan motif hitam putih seperti bisa dilihat pada gambar LJUN di atas. Barcode atau QR Code yang terdapat di LJUN akan sama persis dengan kodebar yang tertera pada paket soal yang diterima oleh peserta UN, mengingat LJUN dan soal pada UN 2013 ini menjadi satu. Sehingga, ini menegaskan bahwa kode paket pada soal UN 2013 tidak seperti tahun-tahun yang lalu.

Jika pada tahun lalu, pengisian kode paket soal masih secara manual yaitu memberikan tanda arsiran pada kolom kode paket soal di LJK, dimana kode soal yang dimasukkan harus sesuai dengan kode paket yang diterima oleh siswa. Misal siswa mendapat paket soal A18, maka siswa akan mengarsir A-1-8 pada lembar jawaban komputer UN.

Kemdikbud RI dalam menyelenggarakan UN 2013 ini tidak ingin kecolongan dengan praktek kecurangan UN seperti tukar-menukar soal maupun LJUN ataupun mengganti LJUN untuk memperbaiki jawaban siswa. Praktek seperti itu sudah bukan rahasia lagi mengingat tuntutan UN yang membuat banyak pihak kewalahan menghadapinya. Akhirnya segala daya upaya pun dikerahkan secara maksimal demi menggapai hasil memuaskan dalam pelaksanaan UN.

Upaya Kemdikbud dalam menekan kecurangan ini adalah menelurkan ide untuk menggunakan LJUN dan soal dengan membubuhkan kode soal berupa barcode maupun QR Code. Sehingga Kemdikbud berharap dengan adanya kode paket soal yang unik ini akan menekan tingkat kecurangan UN.

Jadi, diharapkan peserta UN hanya fokus pada soalnya sendiri, tanpa harus memikirkan kode paket soal lain dalam satu ruangan. Ya! Karena dengan adanya 20 paket soal berbeda di setiap ruang ujian, maka setiap siswa akan mendapatkan satu soal masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Blog berbagi dan belajar pun menghimbau untuk mengutamakan kejujuran dalam meraih prestasi dan melaksanakan UN 2013 kali ini. Insyaallah blog berbagi dan belajar akan membantu dan mendampingi usaha jujur adik-adik dalam menyongsong kelulusan UN yang penuh berkah.... Amin.....

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment